Berpelukaaaaaannnnn

Sabtu, Oktober 22, 2011


Untuk bertahan hidup kita perlu 4 pelukan sehari...
Untuk Kesehatan kita perlu 8 pelukan sehari ...
Untuk pertumbuhan...agar tetap awet muda kita perlu 12 pelukan sehari...
(Virginia Satir-Family Therapist)


Kok Bisa ? Bagaimana berpelukan bisa bikin awet muda?...

Ternyata..ketika berpelukan tubuh melepaskan oxytocin, hormon yang berhubungan dengan perasaan damai dan cinta. Hormon oxytocin ini membuat jantung dan pikiran sehat. Hormon Oxytocin ini hanya akan keluar ketika manusia memiliki kehidupan sehat, merasa damai dan tenteram....Berpelukan meningkatkan keseimbangan tubuh, kesehatan, dan mengurangi tingkat stres.

Perlu diingat lho bahwa pelukan ini adalah bukan pelukan berkonotasi negatif apalagi mengikutsertakan gairah. Pelukan ini juga bukan ‘pelukan sosial’, seperti yang dilakukan oleh budaya masyarakat beberapa negara pada saat pesta atau pertama kali bertemu.Pelukan yang dimaksud adalah pelukan saling menyentuh, tubuh dengan tubuh saling mengikat dan menyentuh. Ketika saling berpelukan, akan terasa perasaan nyaman dan damai.

Seluruh bagian kulit kita memiliki organ perasa . Dari ujung kepala hingga keujung kaki adalah area yang sangat sensitif bila disentuh. Ketika bayi masih dirahim ibu setiap bagian tubuh janin bersentuhan dengan air ketuban yang hangat , mungkin hal inilah yang membuat kita merindukan sentuhan dan kehangatan di sepanjang kehidupan kita.

Karena itulah ketika kita telah memahami arti sebuah pelukan...diharapkan pasangan suami istri akan lebih sering berpelukan dan bersentuhan. Para orangtua akan lebih sering memeluk anak anaknya. Pelukan dan belaian akan membuat anak merasa aman , nyaman dan mempunyai kepercayaan diri . Seorang bayi akan mengenali orang tuanya dari belaian dan sentuhan yang diberikan padanya.

Untuk orang yang telah dewasa pelukan juga sangat berarti. Dengan berpelukan, orang dewasa merasa ada orang yang memperhatikan, ada orang yang mencintainya, membutuhkannya. Seluruh kulit kita, sangat peka dengan pelukan, dan sangat membutuhkan sentuhan hangat dan erat. Apalagi ketika kita sedang merasa sangat kehilangan, depresi ataupun stress...sebuah pelukan yang hangat dan erat akan memberikan rasa nyaman karena pelukan memberikan energi yang postif pada emosi kita.

Jadi tunggu apalagi....segera berikan pelukan hangat kita untuk orang orang yang kita sayangi sebanyak mungkin...pelukan penuh cinta dan kasih sayang.....

(diambil dari berbagai sumber )

0 komentar:

 
RENJANA - Design by: Searchopedia convertido para o Blogger por TNB