DAY ONE - Gardening

Rabu, Januari 20, 2010

Bersih Bersih tanaman dalam pot....

Punya banyak tanaman yang bagus di rumah tapi jarang ditengok...mumpung cuti..kita tengokin yuk....


1. Euphorbia



Tanaman yang aslinya berasal dari madagaskar ini akan berbunga hingga berdompol dompol kalau kita taruh ditempat yang terkena sinar matahari dan bebas berhubungan dengan udara. Lebih bagus lagi kalau pupuk yang kita berikan pas ukurannya. Biasanya aku pakai Gandasil B .




Euphorbia atau mawar gurun ini banyak sekali speciesnya..
ada yang bunganya besar ada pula yang kecil dengan berbagai macam warna. Sejauh ini hanya 3 ini sajalah yang aku punya...soalnya tempat yang terkena sinar matahari di rumahku terbatas sekali.

Kalau kita rajin memangkas dan memupuk euphorbia ini dijamin tak akan pernah berhenti berbunga. Oh ya...jangan pernah terlalu sering menyiram ya..karena euphorbia ini nggak suka air. batangnya akan busuk kalau media tanamnya terlalu lembab.





2. Wijayakusuma


Bunga ini termasuk dalam keluarga kaktus. bunganya akan keluar dilekuk lekuk daunnya.

Wijayakusuma ini bisa tumbuh di tempat yang tidak begitu panas . Bunga ini cukup unik karena dia hanya mekar sesaat ...Tepat jam 12 malam dan bunganya paling hanya bertahan hingga jam 2 pagi . Untuk mendapatkan foto bunga ini aku harus menunggu bahkan terpaksa mengangkut potnya ke dalam rumah karena gak mau sampai kehilangan momen berharga ini. Meski habis itu jadi prindang prinding karena baunya yang sangat harum.


Ada informasi menarik yang aku dapatkan dari website http://www.iptek.net.id/ bahwa tumbuhan wijaya kusuma mempunyai daya ampuh untuk meredam rasa sakit dan menetralisir pembekuan darah . selain itu juga mempunyai kandungan yang dapat mempercepat masaknya luka abses. tuh..selain cantik, unik ternyata juga ada manfaatnya.......

3. Bunga Bakung

Tanaman ini dikenal juga sebagai bunga lili masuk dalam keluarga bakung. Berkembang biak dengan umbi, karena tanaman ini punya umbi dibawahnya. Bakung punya berbagai macam warna kebanyakan yang bisa ditemui adalah merah muda, merah dan putih.

Tanaman ini aku beli di Puncak Bogor dalam kesempatan liburan akhir tahun .

Sayangnya jenis bakung berbunga besar dan berwarna merah ini agak susah untuk berbunga di rumahku karena kebetulan daerah bekasi ini panas dan kering udaranya.


4. Anggrek mini

Anggrek yang satu ini tidak pernah berhenti berbunga...padahal aku tak pernah punya kesempatan untuk memberikan pupuk secara rutin.


Warna bunga yang putih dengan lidah bunga berwarna ungu membuatnya jadi tampak indah. aku beli tahun 2007 akhir .

Ukurannya lebih kecil dari anggrek yang menjadi indukannya.
karena itu disebut anggrek mini.





5. Simbar Menjangan


Disebut juga Tanduk Rusa , ini termasuk dalam jenis paku pakuan . Simbar menjangan ini mempunyai sifat epifit , jadi dia menempel erat dan kuat pada tumbuhan inang atau induknya tapi tidak bersifat merugikan .

Tanduk rusa ini menyukai tempat yang secara tidak langsung terkena oleh sinar matahari . Perkembang biakan dengan spora atau dengan memindahkan rimpangnya.


Tanduk rusa ini juga bisa menjadi obat juga untuk demam ,radang rahim luar, haid tidak teratur ,Bisul dan abses lho...hebat ya ...indah dan berguna..

6. Kadaka (Asplenium)


Masuk dalam keluarga paku pakuan juga....

akan tumbuh bagus ditempat yang tidak mendapatkan cahaya matahari secara langsung .

Perbanyakannya adalah dengan memisahkan tanaman anakan dari induknya.

kadaka ini juga termasuk tanaman epifit. sama seperti simbar menjangan ,kadaka akan menempel erat ditanaman inang. Kadaka yang aku punya ini aku taruh dalam pot dengan media tanam berupa pakis cacah.....,pupuknya cukup Gandasil D saja. cuma kok belum PD mau memperbanyak atau repotting .takut malah mati....


7. Anthurium - giant















Kalau yang dibawah ini adalah tanaman tanaman indah yang aku temui dimasa liburan akhir tahun kemarin :







Kemuning yang tumbuh dihalaman rumah Bapak mertua di bogor ...indah ya...









Anggrek merpati dan bunga daisy dihalaman rumah tante rien di cipari......bener bener membuat hati jadi tenang ngeliatnya



0 komentar:

 
RENJANA - Design by: Searchopedia convertido para o Blogger por TNB